BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru
yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan
kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang
dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di
dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek
kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis
merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi
informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.
Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan
mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan
konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang
menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi
bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce.
Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan
peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh
karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Menganalisa fitur – fitur pada situs penjualan bukalapak.com
2.
Memahami kelebihan dan kekurangan dari situs penjualan bukalapak.com
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah situs Bukalapak.com
Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online marketplace)
terkemuka di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan
oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya
situs layanan jual-beli online dengan model
bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan
dari konsumen ke konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring
untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan
ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat
membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda,
ponsel, perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer, tablet,perlengkapan
rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010
sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang
berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan
Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang
dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho
Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).
Setelah berdiri kurang lebih setahun, Bukalapak mendapat
penambahan modal dari Batavia Incubator (perusahaan gabungan dari Rebright
Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group). Di tahun
2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin
oleh Kuan Hsu.
Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi
oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama
dari pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun
meluncurkan aplikasi selular untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak
tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam
mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui
smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan Oktober
2016, aplikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 5 juta kali dan masuk
dalam 100 Aplikasi Gratis terpopuler di Google Play
Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM
yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal
ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM
dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko
offline.Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya
situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.
2.2
Strategi Bukalapak
Dengan dua juta kunjungan setiap
harinya, Bukalapak merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di
Indonesia. Bukalapak juga mengklaim kalau 800 ribu penjual yang mereka miliki
adalah yang terbanyak di antara e-commerce lainnya tanah air.
Menurut Muhamad Fajrin Rasyid, Co-Founder
sekaligus CFO dari Bukalapak, dalam acara Decode Jakarta Maret 2016 Inilah
empat strategi utama mereka :
1.
Promosi sebanyak mungkin
2.
Fokus pada perangkat mobile
3.
Analisis Kebisaan Pelanggan
4.
Offline Gathering
2.3
Profit (Keuntungan) Bukalapak
Bukalapak mendapatkan profit
(keuntungan) dari :
1.
Fitur-fitur premium yang
disediakan Bukalapak. Contoh : fitur Promote to Top
2.
Selisih dari 3 angka unik di total
pembayaran melalui transfer. Contoh : jika total bayar sebenarnya adalah Rp.
500.000 diberikan 3 angka unik di belakangnya menjadi Rp. 500.779. Jika dalam 1
hari ada 100.000 tranksaksi, maka estimasi selisih yang didapatkan oleh
Bukalapak adalah Rp. 77.900.000/hari
2.4
Cara Berbelanja di Bukalapak
1.
Cari Barang
![]() |
2.
Klik Beli
![]() |
Pembeli mencari barang
|
Pilih barang yang
dinginkan kemudian klik Beli
|
3.
Shopping Review
![]() |
4.
Pembayaran
![]() |
5.
Pembeli melengkapi alamat
pemesanan barang
|
Pembeli
dapat melakukan pembayaran ke rekening Bukalapak melalui BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks ,KartuVisa/Mastercard atau Transfer.
|
6.
Pembeli Menerima Barang
![]() |
7.
Konfirmasi terima barang
![]() |
Pembeli mengkonfirmasi menerima barang
|
|
2.5
Cara Berjualan di Bukalapak
1.
Jual Barang
|
2.
Kelola Transaksi
|
![]() |
![]() |
Penjual
bisa menjual barang dengan harga yang diinginkan
|
Penjual dapat mengelola dan memantau transaksi secara langsung pada halaman Transaksi. Setiap transaksi
memiliki 5 status : Menunggu, Dibayar, Dikirim, Diterima, dan Selesai.
|
3. Pengiriman Barang
|
4. Terima uang dan Feedback
|
![]() |
![]() |
Penjual akan
menerima e-mail, notifikasi, dan sms setiap pembeli berhasil melakukan
pembayaran. Pada tahap ini status transaksi adalah Dibayar. penjual dapat mengemas
barang daganganmu lalu mengirimkannya (melalui kurir, dll)
|
Penjual akan
menerima uang pembayaran dan feedback setelah
pembeli menerima barang.
|
2.6
Fitur pada situs Bukalapak.com

Gambar 1. Tampilan
Beranda Bukalapak.com
Fitur umum yang ada pada situs Bukalapak.com
diantaranya :
1.
Registrasi
Untuk
pengguna yang ingin mendaftarkan diri di Bukalapak, setelah mendaftar
diperlukan validasi melalui email.
2.
Login
Untuk
login pengguna yang sudah mendaftarkan diri sebelumnya.
3.
Kategori
Produk
menampilkan
kategori produk yang dijual, dalam kategori juga terdapat sub-kategori, untuk
memudahkan pengguna mencari barang yang diinginkan
4.
Premium
Account
Fitur
berbayar ini menawarkan fasilitas lebih
untuk mengetahui statistik penjualan hingga melihat tren pasar yang tepat untuk
meningkatkan transaksi penjualan pengguna.
5.
Komunitas
Forum
komunitas pengguna bukalapak.
6.
Blog
Blog Bukalapak
yang berisi pengumuman Bukalapak, promo, serta tips-tips dari Bukalapak
7.
Buka
Bantuan
Halaman
panduan untuk pengguna Bukalapak, berisi FAQ (Frequently Asked Questions)
sampai fitur-fitur yang ada di Bukalapak.
8.
Keranjang
Belanja
Untuk
melihat barang apa saja yang sudah diklik beli.
9.
Pesan
Fitur
pesan, bisa digunakan oleh pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual.
10.
Transaksi
Data
transaksi pengguna.
11.
Jual
Barang
Untuk
pengguna yang ingin membuka lapak.
12.
My
Lapak
My lapak
adalah fitur untuk pengguna yang memiliki lapak (penjual) berisi ringkasan
akun, data lapak, data transaksi dll.
13.
PromotePush
Untuk
mempromosikan lapak, fitur ini fungsinya mirip dengan teknik sundul di Kaskus.
14.
Feedback
Umpan
balik dari pembeli, semakin baik rating yang diberikan semakin baik reputasi
penjual.
15.
Beli
Pulsa dan Paket Data
Buka
Lapak melayani pembelian pulsa dan paket paket data, cukup memasukan nomor
telepon dan nominal, peserta bisa mendapatkan pulsa setelah melakukan
pembayaran.
16.
Buka
Dompet
Saldo
khusus untuk di Bukalapak,bisa top up dan bisa dicairkan sewaktu-waktu.
2.7
Kelebihan dan Kekurangan Situs Bukalapak.com
Kelebihan
dan kekurangan yang ada pada situs penjualan Bukalapak.com diantaranya:
Kelebihan
Berjualan di Bukalapak Untuk Penjual :
1.
Notifikasi SMS setiap ada pesanan
Penjual akan mendapatkan SMS (jaringan
GSM) setiap ada pesanan. Penjual bisa fokus jualan online tanpa buang-buang
waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
2.
Feedback positif setiap transaksi
sukses
Penjual akan mendapatkan feedback
positif secara otomatis dari sistem walaupun pembeli tidak memberikan feedback
saat transaksi.
3.
Kepastian menerima uang pembayaran
Penjual langsung menerima uang
pembayaran setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang atau 1×24 jam
setelah barang terkirim menurut kurir.
4.
Prioritas di mesin pencarian
Setiap halaman barang penjual telah
melalui proses SEO(Search Engine Optimization) agar tampil lebih unggul di
mesin pencarian seperti Google dan lainnya.
5.
Perhitungan ongkos kirim otomatis
Penjual tidak perlu repot menghitung
ongkos kirim karena sistem akan otomatis menghitung ongkos kirim yang harus
dibayar oleh pembeli.
6.
Edukasi Kewirausahaan Online
Bukalapak terus membangun semangat
kewirausahaan kepada pelapak dan pembeli dengan memberikan tips dan trik jualan
online.
Kelebihan
Belanja di Bukalapak Untuk Pembeli :
1.
Jaminan Aman Berkat Payment System
Payment System adalah metode transaksi mirip rekening bersama
tradisional; penjual menerima dana pembayaran setelah pembeli terima barang
sehingga jika penjual tidak mengirim barang, dana pembeli tetap aman dan dapat dikembalikan
100%.
Keunggulan
Payment System Bukalapak.com dibanding rekening bersama tradisional:
·
Lebih cepat – karena pembeli dapat
langsung membayar tanpa harus hubungi penjual untuk sepakat menggunakan
rekening bersama seperti yang dilakukan di forum jual beli.
·
Notifikasi SMS – tiap pembeli
melunasi pembayaran maka secara real-time penjual mendapat SMS dari sistem
Bukalapak.com untuk segera kirim barang.
·
E-banking – tak seperti rekening
bersama tradisional, lewat Payment System Bukalapak.com pembeli dapat membayar
lewat transfer, BCA KlikPay atau Mandiri Clickpay.
·
Tercatat sistem – proses transaksi
diatur otomatis oleh komputer sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan yang
dapat dilakukan manusia.
·
Otomatis refund – sistem otomatis
deteksi dan mengembalikan(refund) dana ke pembeli jika dalam 3 hari penjual
tidak mengirim barang.
·
Feedback positif – penjual tetap
mendapat feedback positif jika tidak ada konfirmasi dari pembeli, jadi tidak
perlu meminta-minta pembeli untuk beri feedback/rekomendasi.
·
Tim Customer Service – walau
transaksi telah diatur oleh sistem, BL tetap miliki tim Customer Service yang
sigap melayani pembeli dan penjual yang belum paham cara bertransaksi dengan
Payment System Bukalapak.com
2.
Promo di waktu tertentu dari
Bukalapak
Bukalapak sering menghadirkan promo pada
waktu tertentu, promo tersebut biasanya adalah promo bebas ongkos kirim untuk
periode tertentu, promo cashback, diskon jika menggunakan metode pembayaran
tertentu, dan diskon untuk kategori-kategori tertentu.
3.
Validasi otomatis setelah
pembayaran
Dengan 3 kode unik dalam 3 digit
terakhir total pembayaran yang diberikan secara random, pembayaran bisa
tervalidasi secara otomatis dalam waktu singkat.
4.
Beragam metode pembayaran dan
Pengiriman
Bukalapak menyediakan beragam metode
pembayaran, mulai dari Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI), Kartu Kredit
berlogo VISA dan Mastercards, Transfer via ATM, BCA Klikpay, Mandiri clikpay,
CIMB Clicks, Mandiri e-cash, pembayaran melalui jaringan minimarker Alfamart,
Indomart, Lawson. Didukung oleh ekspedisi pengiriman seperti JNE, TIKI,
SICEPAT, POS Indonesia, RPX, Wahana dan GO-Send (pilihan ekspedisi tergantung
dari yang disediakan oleh penjual).
5.
Fasilitas cicilan 0% dengan
menggunakan kartu kredit untuk Produk pilihan tertentu.
Kekurangan :
1.
Jika dibandingkan Pesaing sejenis,
Bukalapak kurang gencar memberikan promo kepada pelanggan
2.
Hanya menjual pulsa dan paket
data, sedangkan pesaing sudah menyediakan pembelian token PLN, pembayaran
tagihan listrik, Tiket Kereta dan Iuran BPJS.
3.
Barang yang dijual tidak terjamin
keaslian merknya.
4.
Promo gratis ongkos kirim bisa
dimanfaatkan penjual nakal untuk mencari keuntungan dengan membeli barangnya
sendiri dengan akun lain dan mengambil untung dari selisih ongkos kirim.
2.8
Prestasi situs Bukalapak.com
Adapun
prestasi yang telah diraih situs ini, antara lain :
1.
Pertumbuhan yang stabil
2.
Peringkat ke-9 situs paling sering
dikunjungi di Indonesia.
3.
Memfasilitasi rata-rata total
transaksi perhari senilai 8 Miliar Rupiah.
4.
Peringkat 70 aplikasi gratisan teratas
di Googleplay dan peringkat 7 untuk kategori belanja.
5.
Menurut Riset Asia Nikkei, rataan
kunjungan per bulan ke situs web Bukalapak mencapai 2,76 juta.
6.
Nilai valuasi perusahaan mencapai
3 Triliun Rupiah
7.
BAB 3
KESIMPULAN
Situs
yang berasal dari Indonesia ini sudah dapat dikatakan bagus menurut isinya. Bagian-bagian
yang diperlukan pengunjung untuk mengetahui informasi secara
lebih lengkap telah tersedia. Hanya saja dari segi penampilan masih kurang
menarik karena pilihan warna yang agak pucat ( kurang cerah ).
Sehingga masih diperlukan perbaikan agar semakin banyak pengunjung yang datang
pada situs Bukalapak.com. Bukalapak perlu menambah layanan penjualan Token
Listrik, Tiket Kereta, Iuran BPJS, serta gencar memberikan promo ke penggunanya
guna bersaing dengan E-Commerce sejenis.
0 komentar:
Post a Comment